Tugas II STATISKA INDUSTRI

Pengertian statistik menurut pendapat ahli, diantaranya sebagai berikut :

  1. Anderson dan Bancroft

Statistik adalah sebuah  ilmu dan seni pengembangan dengan metode paling efektif lewat pengumpulan, interpretasi, dan pentabulasi data kuantitatif yang dibuat dengan sebaik mungkin.

  1. Dr Sudjana

Ilmu statistik yaitu ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan analisa data, hingga penarikan kesimpulan menurut data-data yang dikumpulkan beserta analisa yang telah dilakukan.

  1. Steel dan Torrie

Statistik adalah sebuah metode yang menjelaskan cara untuk melakukan penilaian ketidaktentuan terhadap penarikan kesimpulan bersifat induktif.

Metode Statistik

Metode statistik adalah prosedur yang bisa dilakukan untuk mengempulkan data ,penyajian data dan menganalisis untuk tujuan memerikan informasi yang jelas berdasarkan fakta yang ada dan menarik kesimpulan.

Landasan kerja statistic

Landasan kerja dibagi menjadi 3,yaitu :

  • Variatif, adalah bentuk dasar bahwa kenyataan seorang peneliti dihadapi oleh berbagai persoalan atau gejala yang bervariasi dalam bentuk tingkatan dan jenisnya.
  • Reduktif,  sebagian dari keseluruhan kejadian yang hendak diteliti.
  • Generalisasi, sebagian kejadian yang diteliti, namun hasilnya memberikan kesimpulan untuk keseluruhan kejadian atau gejala yang diteliti.

Ciri-ciri statistik

  1. Statistik Bekerja dengan Angka.

Angka-angka ini dalam statistik mempunyai dua pengertian, yaitu : 

a) Angka statistik sebagai jumlah dan angka statistik sebagai nilai atau harga.

b) Angka statistik mempunyai arti data kualitatif yang diwujudkan dalam angka.

  • Statistik Bersifat Objektif.

Statistik bekerja dengan angka sehingga nantinya mempunyai sifat objektif, dalam arti angka statistik dapat digunakan sebagai alat pencari fakta,dan memberikan keterangan yang benar, lalu menentukan kebijakan sesuai fakta dan hasil yang dungkap apa ada nya.

  • Statistik Bersifat Universal (Umum). Statistik tidak hanya digunakan dalam salahsatu disiplin ilmu saja, tetapi dapat digunakan secara umum dalam berbagai bentuk disiplin ilmu pengetahuan dengan penuh keyakinan. Semua ini mempunyai pengertian bahwa ruang lingkup dan bidang garapan statistik tidaklah sempit. Statistik dapat digunakan dalam seluruh kegiatan manusia.

Paradigma Penelitian

Paradigma penelitian adalah bagaimana cara pandang kita tentang kejadian-kejadian yang berhubungan didunia, keyakinan, dan kesepakatan peneliti mengenai cara fokus permasalahan dipahami dan dikaji. Berdasarkan penelitian, paradigma berfokus sebagai dasar konseptual dan filosofis.

Ada juga berbagai paradigma penelitian. Seperti dibawah ini beserta dengan penjelasan.

  • Konstruktivistik adalah percaya kalau tidak ada kebenaran atau realitas tunggal. Pendekatan yang terjadi pada paradigma ini menggunakan pendekatan yang kualitatif.
  • Positivistik berarti kita percaya bahwa terdapat kebenaran tunggal dari sebuah kejadian atau pandangan.Pendekatan yang digunakan pada paradigma ini adalah pendekatan kuantitatif.
  • Pragmatis adalah percaya bahwa realitas bisa diperdebatkan dan diinterpretasikan.Pendekatan pada paradigma pragmatis ini adalah perpaduan dari kuantitatif dan kualitatif.
  • Subjektivis adalah percaya kenyataan adalah apa yang dipercaya oleh peneliti sebagai sebuah realitas yang nyata.Paradigma subjektivis menggunakan pendekatan arkeologis, dekonstruktif dan analisis wacana.
  • Kritis adalah percaya bahwa kenyataan adalah wujud yang dikonstruksikan sehingga senantiasa di bawah hubungan kekuasaan yang berkelanjutan. Paradigmanya ini biasanya menggunakan cara kritik ideologi, etnografi kritis dan analisis wacana.

Proses suatu penelitian

1. Tahap Perencanaan

Sebelum melakukan sebuah penelitian, seorang peneliti harus melaksanakan beberapa persiapan atau perencanaan yang terdiri dari, berikut ini:

  1. Memilih Tema/Topik Penelitian
    Untuk memilih tema atau topik penelitian seorang peneliti harus memiliki kepekaan terhadap kehidupan sekitar yang dihadapi.
  2. Mengidentifikasi Masalah
    Selanjutnya, seorang peneliti harus bisa terlebih dahulu mencari apa masalah yang akan di teliti.
  3. Merumuskan masalah
    Dalam tahapan ini, peneliti membuat suatu rumusan masalah dari penemuan masalah yang ada berdasarkan masalah-masalah yang akan diteliti.
  4. Mengadakan studi pendahuluan
    Tahapan ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Hasil yang didapat dari studi pendahuluan berguna untuk menyusun kerangka teoritis tentang pemecahan masalah dalam bentuk hipotesis yang akan di uji kebenarannya melalui pelaksanaan penelitian lapangan.
  5. Merumuskan hipotesis
    Hipotesa adalah dugaan yang bersifat sementara dan nantinya akan dibuktikan kebenarannya dari masalah yang sedang di teliti.
  6. Menentukan sampel penelitian
    Tahapan ini untuk menentukan obyek yang akan diteliti. Keseluruhan obyek yang diteliti disebut sebagai populasi penelitian.
  7. Menyusun rencana penelitian
    Tahap ini merupakan pedoman selama melaksanakan penelitian sebagai suatu pola perencanaan harus dapat mengungkapkan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan pelaksanaan penelitian yang memuat hal-hal.

2. Tahap Pelaksanaan

Seorang peneliti setelah melakukan tahap persiapan selanjutnya melakukan tahap pelaksanaan kegiatan penelitian yang meliputi, pengumpulan data dan menganalisis data.

a. Pengumpulan Data
Pada tahap pengumpulan data didasarkan pada pedoman yang sudah dipersiapkan dalam rancangan penelitian. Data yang dikumpulkan melalui kegiatan penelitian dan dijadikan sebagai dasar untuk menguji hipotesis yang diajukan.

b. Analisis Data
Tahapan ini dilakukan setelah data terkumpul semua kemudian dilakukan analisis dan hipotesis yang diajukan dan diuji kebenarannya melalui analisis tersebut.

3. Tahap penulisan Laporan

Penulisan pelaporan merupakan tahap akhir dari rangkaian proses penelitian. Tahapan ini yaitu membuat laporan mengenai hasil penelitian secara tertulis. Laporan secara tertulis perlu dibuat agar peneliti dapat mengkomunkasikan hasil penelitiannya kepada para pembaca atau penyandang dana.

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-statistik-tujuan-fungsi-dan-jenis-jenis-statistik/ 
https://www.asikbelajar.com/3-ciri-khas-statistik-menurut-anas/
https://www.pelajaran.co.id/2017/04/tahap-tahap-proses-penelitian-dengan-penjelasan-terlengkap.html 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: